Bahasa Inggris Batik Online
Mata Pelajaran Bahasa Inggris Batik Online untuk Sekolah Menengah
Atas Luar Biasa Tunarungu (SMALB – B) A. Latar Belakang Bahasa memiliki peran
sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan
merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.
Kurikulum bahasa untuk sekolah menengah sewajarnya mempersiapkan peserta didik
untuk mencapai kompetensi tertentu sehingga peserta didik mampu merefleksikan
pengalamannya sendiri dan orang lain, mengungkapkan gagasan dan perasaan, dan
memahami keragaman nuansa makna. Bahasa diharapkan membantu peserta didik
mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan
perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut,
membuat keputusan yang bertanggung jawab pada tingkat pribadi dan sosial, dan
menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam
dirinya. Bahasa Inggris Batik Online
merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Pengertian
berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan
serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya dengan menggunakan
bahasa tersebut. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah
kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan
dan/atau isyarat maupun tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan
berbahasa, yakni mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat
keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana
dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian, mata pelajaran bahasa Inggris ` Online diarahkan untuk mengembangkan
keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi atau
berwacana dalam bahasa Inggris Batik
Online. Di Indonesia, Bahasa Inggris Batik
Online sebagai bahasa asing memiliki peran yang sangat penting dalam
komunikasi antar bangsa terutama dalam rangka membantu meningkatkan daya saing
bangsa. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris Batik Online hendaknya diarahkan untuk
membekali peserta didik dengan kompetensi berkomunikasi secara lisan maupun
tertulis pada tingkat literasi tertentu sesuai dengan kaidah penggunaan Bahasa Inggris Batik Online oleh para penuturnya. Terdapat
empat tingkat literasi: performative, functional, informational, dan epistemic.
Pada tingkat performative, orang mampu membaca dan menulis, dan berbicara
dengan simbol-simbol yang digunakan; pada tingkat functional orang mampu
menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca
surat kabar, manual atau petunjuk; pada tingkat informational orang mampu mengakses
pengetahuan dengan bahasanya; sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu
mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987). Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk SMPLB-B ditargetkan untuk dapat mencapai
tingkat performative yakni berkomunikasi untuk membaca dan menulis, dan
berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Lulusan SMALB-B diharapkan dapat mencapai tingkat functional karena mereka
disiapkan dapat menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari
seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Dengan demikian, pendidikan
bahasa Inggris Batik Online di SMPLB-B
dimulai dengan belajar bahasa Inggris
Batik Online dalam konteks kehidupan sehari-hari (learning to read) dan
di SMALB-B diakhiri dengan belajar bahasa Inggris Batik Online untuk memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari (reading to live). Dalam prosesnya, bahasa lisan merupakan alat
untuk mencapai tingkat-tingkat literasi ini. Substansi kajian sesuai dengan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. B. Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Inggris Batik Online di SMALB-B bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. 1. Mengembangkan kompetensi
berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulisan untuk mencapai tingkat literasi
functional 2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris Batik Online untuk meningkatkan daya saing
bangsa dalam masyarakat global 3. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang
keterkaitan antara bahasa dengan budaya. C. Ruang Lingkup Ruang lingkup mata
pelajaran Bahasa Inggris Batik Online di
SMALB-B meliputi aspek-aspek sebagai berikut. 1. Kemampuan berwacana, yakni
kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan atau tulisan yang
direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan/menyimak,
berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi
functional 2. Kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional
pendek dan monolog serta esei berbentuk prosedure, descriptive, recount,
narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata,
tata bahasa, dan langkah-langkah retorika. D. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar Kelas X, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan/Menyimak 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/
interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana, untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar 1.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana 1.2 Merespon
percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana dan
berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa;
meminta, memberi, menolak barang; menawarkan/menerima/menolak sesuatu; meminta,
memberi persetujuan; memberi perhatian terhadap pembicara Berbicara/Bersiyarat
2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan
dan/atau isyarat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 2.1
Menirukan teks percakapan transaksional lisan dan/atau isyarat sederhana 2.2
Menggunakan makna dalam ragam bahasa lisan dan/atau isyarat terutama dalam
percakapan transaksional/ interpersonal sederhana dan berterima yang melibatkan
tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa; meminta, memberi, menolak barang;
menawarkan sesuatu; meminta, memberi persetujuan; memberi perhatian terhadap
pembicara 3. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sederhana yang berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar 3.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana 3.2 Menggunakan makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat,
pengumuman) sederhana dan berterima dalam ragam bahasa lisan Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar Membaca 4. Memahami makna teks tulis fungsional pendek sangat
sederhana berkaitan dengan lingkungan sekitar 4.1 Membaca teks tulis fungsional
pendek sangat sederhana 4.2 Melafalkan kata, frase, dan kalimat dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima 4.3 Menggunakan makna yang terdapat dalam
teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman,
notices istilah-istilah teknis, nama, dan fungsi alat-alat dalama bidang
pengajaran keterampilan ) sangat sederhana secara dan berterima Menulis 5.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek dan
sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar 5.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan
monolog/esei pendek sederhana 5.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks
tulis fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman, notices)
sederhana dan berterima Kelas X, Semester 2 Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan/Menyimak 6. Memahami makna dalam
percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana, untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar 6.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks
percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana 6.2
Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana dan berterima
yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan mengingkari informasi;
meminta, memberi, dan menolak pendapat; merespon pernyataan; mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan
telepon 7. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek dan
sederhana yang berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar 7.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana 7.2 Merespon makna yang terdapat dalam
teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman)
sederhana Berbicara/Berisyarat 8. Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional/interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar 8.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana 8.2 Menggunakan
makna dalam ragam bahasa lisan dan/atau isyarat terutama dalam percakapan
transaksional/interpersonal sederhana dan berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi dan mengingkari informasi; meminta, memberi, dan
menolak pendapat; merespon pernyataan; mengawali, memperpanjang, dan menutup
percakapan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon 9.
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
yang berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar 9.1 Menirukan teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana 9.2
Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek 9.3
Menggunakan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya
undangan, pesan singkat, pengumuman) sederhana dan berterima dalam ragam bahasa
lisan Membaca 10. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat
sederhana berkaitan dengan lingkungan sekitar 10.1 Membaca teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana 10.2 Melafalkan kata, frase, dan kalimat
dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima 10.3 Menggunakan makna yang
terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat,
pengumuman, notices, istilah-istilah teknis, nama-nama fungsi alat-alat dalam
bidang pengajaran keterampilan) sangat sederhana dan berterima Menulis 11.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek dan
sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar 11.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan
monolog/esei pendek sederhana 11.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks
tulis fungsional (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman, notices)
sederhana dan berterima 11.3 Menggunakan makna dan langkah retorika secara
sederhana dan berterima dalam teks tulis monolog berbentuk recount dan
narrative Kelas XI, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan/Menyimak 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/
interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam
konteks kehidupan sehari-hari 1.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana 1.2 Merespon percakapan
transaksional/ interpersonal lisan sederhana dan berterima yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi
keraguan; meminta pengulangan 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog sederhana pendek berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari 2.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam
teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek 2.2 Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pesan singkat,
iklan, pengumuman) 2.3 Merespon makna yang terdapat dalam teks monolog
sederhana yang berbentuk procedure dan report Berbicara/Berisyarat 3.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan
sehari-hari 3.1 Menirukan teks percakapan transaksional/ interpersonal lisan
dan/atau isyarat sederhana 3.2 Menggunakan makna dalam ragam bahasa lisan
terutama percakapan transaksional/interpersonal pendek sederhana secara lancar
dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian;
mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan 4. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk
procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 4.1
Menirukan teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana 4.2 Menggunakan
makna dalam teks lisan (misalnya esai singkat, pengumuman) dalam ragam bahasa
lisan dan teks monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report Membaca
5. Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek sederhana
berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari 5.1 Membaca teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek
sederhana 5.2 Melafalkan kata, frase, kalimat dalam teks fungsional dan
monolog/esei berbentuk procedure dan report pendek sederhana dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima 5.3 Menggunakan makna yang terdapat dalam
teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi, iklan, brosur,
istilah-istilah teknis, nama dan fungsi alat-alat dalam bidang pengajaran keterampilan)
dan berterima Menulis 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan
monolog/esei pendek yang berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari 6.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam
teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek 6.2 Menggunakan makna yang
terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi,
iklan, brosur, pengumuman) secara lancar dan berterima 6.3 Menggunakan makna
dan langkah retorika dalam teks monolog/esei sederhana berbentuk procedure dan
report Kelas XI, Semester 2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan/Menyimak 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional/
interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam
konteks kehidupan sehari-hari 7.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana 7.2 Merespon percakapan
transaksional/ interpersonal lisan sederhana dan berterima yang melibatkan
tindak tutur menunjukkan perhatian dan menyatakan kekaguman 8. Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek berbentuk procedure
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 8.1
Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana
8.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana
(misalnya pesan singkat, iklan, pengumuman) 8.3 Merespon makna yang terdapat
dalam teks monolog sederhana yang berbentuk procedure dan report
Berbicara/Berisyarat 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari 9.1 Menunjukkan makna
yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau
isyarat sederhana 9.2 Menggunakan makna dalam ragam bahasa lisan terutama
percakapan transaksional/interpersonal pendek sederhana dan berterima yang
melibatkan tindak tutur menunjukkan perhatiandan menyatakan kekaguman 10.
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk proceduredan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari 10.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional
dan monolog pendek 10.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks lisan
fungsional pendek sederhana (misalnya pesan singkat, pengumuman) dan berterima
dalam ragam bahasa lisan 10.3 Menggunakan makna dalam teks monolog pendek
sederhana berbentuk procedure dan report Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Membaca 11. Memahami makna teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari 11.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan
monolog/esei berbentuk procedure dan report pendek sederhana dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima 11.2 Merespon makna yang terdapat dalam
teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi, iklan, brosur)
dan berterima 11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks tulis
sederhana berbentuk procedure dan report Menulis 12. Mengungkapkan makna dalam
teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang berbentuk procedure dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 12.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek 12.2
Menggunakan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana
(misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman) 12.3 Menggunakan makna dan
langkah retorika dalam teks monolog/esei sederhana berbentuk procedure dan
report Kelas XII, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan/Menyimak 1. Memahami dan merespon makna dalam percakapan
transaksional/interpersonal lisan untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari 1.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional/interpersonal 1.2 Merespon percakapan transaksional/
interpersonal lisan sederhana secara lancar, dan berterima yang melibatkan
tindak tutur mengungkapkan kesantunan dan memberi berita yang menarik perhatian
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang
berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari 2.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana 2.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks lisan
fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi, iklan) 2.3 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks monolog pendek sederhana yang berbentuk
narrative dan report Berbicara/Berisyarat 3. Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat dan monolog
pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari 3.1 Menirukan percakapan transaksional/ interpersonal
lisan dan monolog pendek 3.2 Menggunakan makna dalam ragam bahasa lisan
terutama percakapan transaksional/interpersonal lisan pendek sederhana dan
berterima yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan dan memberi
berita yang menarik perhatian 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari Menirukan teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana Menggunakan makna yang terdapat dalam
teks fungsional lisan pendek sederhana (misalnya pengumuman, pesan-pesan lisan)
dan berterima dalam ragam bahasa lisan Membaca 5. Memahami makna dalam teks
monolog/esei tulis pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari Membaca teks monolog/esei tulis pendek
sederhana Melafalkan kata, frase, kalimat dalam teks fungsional dan
monolog/esei berbentuk narrative dan report pendek sederhana dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima Menggunakan makna yang terdapat dalam teks
tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman,
istilah-istilah teknis, nama dan fungsi alat-alat dalam bidang pengajaran
keterampilan) sederhana dan berterima Menulis 6. Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang berbentuk narrative dan report
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari Menunjukkan makna yang
terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek Menggunakan makna
yang terdapat dalam dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi,
iklan, brosur, pengumuman, undangan) sederhana dan berterima Menggunakan makna
dan langkah retorika sederhana dan berterima dalam teks tulis sederhana
berbentuk narrative dan report Kelas XII, Semester 2 Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar Mendengarkan/Menyimak 7. Memahami makna dalam
percakapan transaksional/ interpersonal lisan untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari 7.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional/interpersonal lisan. 7.2 Merespon percakapan transaksional/
interpersonal lisan sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur
memberi komentar terhadap berita 8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional
dan monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 8.1 Menjelaskan makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana 8.2 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
surat pribadi, iklan) Berbicara/Berisyarat 9. Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat dan monolog
pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari 9.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat maupun monolog
pendek sederhana 9.2 Menggunakan makna dalam ragam bahasa lisan terutama
percakapan transaksional/interpersonal lisan pendek sederhana dan berterima
yang melibatkan tindak tutur memberi komentar terhadap berita 10. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk
narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
10.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana 10.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks fungsional
lisan pendek sederhana (misalnya pengumuman, pesan-pesan lisan ) dan berterima
dalam ragam bahasa lisan Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Membaca 11.
Memahami makna dalam teks monolog/esei tulis pendek sederhana berbentuk
narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.1 Membaca teks monolog/esei tulis pendek sederhana 11.2 Melafalkan kata,
frase, dan kalimat dalam teks fungsional dan monolog/esei berbentuk narrative
dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
11.3 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya
surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman, istilah-istilah teknis, nama, dan
fungsi alat-alat dalam bidang pengajaran keterampilan) sederhana dan berterima
Menulis 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei
pendek yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari 12.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional dan monolog/esei pendek 12.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam
dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi, iklan, brosur,
pengumuman, undangan) sederhana dan berterima 12.3 Menggunakan makna dan
langkah retorika sederhana dan berterima dalam teks tulis sederhana berbentuk
narrative dan report E. Arah Pengembangan Standar kompetensi dan kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Komentar
Posting Komentar