Produsen batik termurah di solo


Rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) nama sekolah : sma negeri 1 kartasura mata pelajaran : ekonomi kelas / semester : x (sepuluh) / 1 standar kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen batik solodan produsen batik solo. Kompetensi dasar :2.3
mendeskripsikan peran konsumen batik solo dan produsen batik solo. Indikator : 1. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi rumah tangga. 2. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi perusahaan. 3. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi pemerintah. 4. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi masyarakat luar negeri. Alokasi waktu : 3 x 45 menit a. Tujuan pembelajaran setelah mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan dapat : 1. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi rumah tangga. 2. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi perusahaan. 3. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi pemerintah. 4. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi masyarakat luar negeri. B. Materi ajar permasalahan ekonomi c. Uraian materi (terlampir) d. Metode pembelajaran 1. Ceramah. 2. Tanya jawab dengan pendekatan pembelajaran active learning. Menggunakan metode student facilitator and expalining. E. Langkah- langkah pembelajaran 1. Pendahuluan ( 5 menit ) a. Pembukaan b. Berdoa c. Presensi dan fokus pada siswa yang tidak masuk. D. Memberikan apersepsi kepada siswa, mengenai pelaku ekonomi dan permasalahannya. E. Memberikan motivasi mengenai peran produsen batik solo dan konsumen batik solo untuk mempermudah pemahaman tentang kegiatan ekonomi. 2. Inti pelajaran ( 70 menit ) a. Eksplorasi 1) guru menjelaskan peran pelaku ekonomi (rt, rt negara, rt luar negeri, dan konsumen batik solo). 2) guru menyampaikan secara garis besar tentang pelaku ekonomi. 3) melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. B. Elaborasi 1) guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. 2) guru menyajikan materi peran pelaku ekonomi. 3) memberikan kepada siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya mengenai konsep materi pelaku ekonomi yang telah dijelaskan oleh guru. C. Konfirmasi 1) memberikan umpan balik positif dan memberikan penguatan secara lisan mengenai materi pelaku ekonomi. Materi (terlampir). 2) guru membantu memecahkan masalah pada siswa yang mengalami kesulitan. 3) guru menyimpulkan ide/ pendapat dari siswa yang berani menerangkan mengenai materi pelaku ekonomi. 4) memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 3. Penutup ( 15 menit ) a. Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan. B. Memberi tugas pada siswa mengerjakan soal – soal yang dimiliki. C. Berdo’a f. Alat dan bahan a. Alat/ media : papan tulis, spidol b. Bahan : materi permasalahan ekonomi. C. Sumber : sutarno, dkk, theory and application of economic. Solo : pt tiga serangkai, 2009. Adji, wahyu dkk, ekonomi sma untuk kelas x. Jakarta : erlangga , 2004. G. Penilaian 1. Kognitif (tugas mandiri) 2. Afektif (pengamatan) 3. Psikomotorik ( pengamatan ) surakarta , 21 september 2012 mengetahui, guru pamong, praktikan, sri padmiyati, s.pd nip. 19550125 197903 2 003 risma pamukti nim. A 210 090 233 lampiran a. Materi ajar 1. Pelaku kegiatan ekonomi di masyarakat dapat dibedakan menjadi 4 kelompok : a. Rumah tangga produksi b. Rumah tangga konsumsi c. Rumah tangga pemerintah d. Rumah tangga luar negeri 2. Rumah tangga produksi peran rt produksi a. Sebagai produsen batik solo b. Sebagai pemakai faktor faktor produksi c. Sebagai agen pembangunan. Bentuk rt produksi di dunia nyata seperti : a. Badan perseorangan : warung , cafe, kedai, restoran b. Cv/ persekutuan : percetakan, tranportasi, penernagan berskala kecil. C. Firma : dibentuk oleh dua orang atau lebih, hukum/ akuntan 3. Rumah tangga konsumsi peran rt konsumsi : a. Sebagai konsumen batik solo b. Sebagai pemasok atau pemilik faktor produksi 4. Rt pemerintah peran rt pemerintah : a. Sebagai pengatur b. Sebagai konsumen batik solo c. Sebagai produsen batik solo 5. Rt luar negeri a. Perdagangan b. Pertukaran tenaga kerja c. Penanaman modal d. Pinjaman e. Bantuan b. Penugasan - soal 1. Kegiatan apa saja yang dilakukan rt konsumsi? 2. Kegiatan apa saja yang dilakukan rt produksi? 3. Kegiatan apa saja yang dilakukan rt pemerintah? 4. Kegiatan apa saja yang dilakukan rt luar negeri - jawaban 1. A. Menyediakan faktor – faktor produksi b. Memperoleh imbalan dari penyediaan faktor – faktor produksi c. Mengkonsumsi barang dan jasa. 2. A. Menggunakan faktor – faktor produksi b. Membayar balas jasa atas penyediaan faktor – faktor produksi c. Menghasilkan barang dan jasa 3. A. Memberi subsidi b. Membayar balas jasa atas pemakaian faktor produksi c. Menarik pajak dan restribusi 4. A. Membeli barang dan jasa b. Menjual barang dan jasa. C. Penilaian no nama siswa kognitif afektif psikomotor skor total nilai 1 2 3 dst keterangan : nilai 81 – 100 : sangat baik nilai 61 – 80 : baik nilai 41 – 60 : cukup nilai 21 – 40 : kurang nilai 0 – 20 : sangat kurang rumusan perhitungan nilai: jumlah score yang diperoleh nilai = x 100 jumlah score

Kata kunci :
BAGUS DI JAKARTA SALON TERBAIK DI JAKARTA CARA MENGGAMBAR BATIK DI KERTAS NAMA-NAMA KAIN SEJARAH BATIK JEMBER SEJARAH BATIK JOMBANG BATIK MEDAN MOTIF BATIK PADANG SEJARAH BATIK KAWUNG BATIK PAMILUTO BATIK PALEMBANG NAMA NAMA KAIN KUMPULAN NO HP AKTIF
Subulussalam Asahan Batubara Dairi Deli Serdang Humbang Hasundutan Karo Labuhanbatu Labuhanbatu Selatan Labuhanbatu Utara Langkat Mandailing Natal Nias Nias Barat Nias Selatan Nias Utara Padang Lawas Padang Lawas Utara Pakpak Bharat Samosir Serdang Bedagai Simalungun Tapanuli


Komentar

085647595948 | Kayamara Batik

085647595948 | Kayamara Kreasi

Postingan populer dari blog ini

Pemetakan toko baju

Bahasa Inggris Batik Online