Produsen batik termurah di solo
Rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) nama
sekolah : sma negeri 1 kartasura mata pelajaran : ekonomi kelas / semester : x
(sepuluh) / 1 standar kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya
dengan kegiatan ekonomi konsumen batik solodan produsen batik solo. Kompetensi
dasar :2.3
mendeskripsikan peran konsumen batik solo dan produsen batik solo.
Indikator : 1. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi rumah tangga. 2.
Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi perusahaan. 3. Mendeskripsikan peran
pelaku ekonomi pemerintah. 4. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi masyarakat
luar negeri. Alokasi waktu : 3 x 45 menit a. Tujuan pembelajaran setelah
mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan dapat : 1. Mendeskripsikan
peran pelaku ekonomi rumah tangga. 2. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi
perusahaan. 3. Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi pemerintah. 4.
Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi masyarakat luar negeri. B. Materi ajar
permasalahan ekonomi c. Uraian materi (terlampir) d. Metode pembelajaran 1.
Ceramah. 2. Tanya jawab dengan pendekatan pembelajaran active learning.
Menggunakan metode student facilitator and expalining. E. Langkah- langkah
pembelajaran 1. Pendahuluan ( 5 menit ) a. Pembukaan b. Berdoa c. Presensi dan
fokus pada siswa yang tidak masuk. D. Memberikan apersepsi kepada siswa,
mengenai pelaku ekonomi dan permasalahannya. E. Memberikan motivasi mengenai
peran produsen batik solo dan konsumen
batik solo untuk mempermudah pemahaman tentang kegiatan ekonomi. 2. Inti
pelajaran ( 70 menit ) a. Eksplorasi 1) guru menjelaskan peran pelaku ekonomi
(rt, rt negara, rt luar negeri, dan konsumen batik solo). 2) guru menyampaikan
secara garis besar tentang pelaku ekonomi. 3) melibatkan siswa secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran. B. Elaborasi 1) guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai. 2) guru menyajikan materi peran pelaku ekonomi.
3) memberikan kepada siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya mengenai
konsep materi pelaku ekonomi yang telah dijelaskan oleh guru. C. Konfirmasi 1)
memberikan umpan balik positif dan memberikan penguatan secara lisan mengenai
materi pelaku ekonomi. Materi (terlampir). 2) guru membantu memecahkan masalah
pada siswa yang mengalami kesulitan. 3) guru menyimpulkan ide/ pendapat dari
siswa yang berani menerangkan mengenai materi pelaku ekonomi. 4) memberi
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 3.
Penutup ( 15 menit ) a. Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar
yang telah dilakukan. B. Memberi tugas pada siswa mengerjakan soal – soal yang
dimiliki. C. Berdo’a f. Alat dan bahan a. Alat/ media : papan tulis, spidol b.
Bahan : materi permasalahan ekonomi. C. Sumber : sutarno, dkk, theory and
application of economic. Solo : pt tiga serangkai, 2009. Adji, wahyu dkk,
ekonomi sma untuk kelas x. Jakarta : erlangga , 2004. G. Penilaian 1. Kognitif
(tugas mandiri) 2. Afektif (pengamatan) 3. Psikomotorik ( pengamatan )
surakarta , 21 september 2012 mengetahui, guru pamong, praktikan, sri padmiyati,
s.pd nip. 19550125 197903 2 003 risma pamukti nim. A 210 090 233 lampiran a.
Materi ajar 1. Pelaku kegiatan ekonomi di masyarakat dapat dibedakan menjadi 4
kelompok : a. Rumah tangga produksi b. Rumah tangga konsumsi c. Rumah tangga
pemerintah d. Rumah tangga luar negeri 2. Rumah tangga produksi peran rt
produksi a. Sebagai produsen batik solo b. Sebagai pemakai faktor faktor
produksi c. Sebagai agen pembangunan. Bentuk rt produksi di dunia nyata seperti
: a. Badan perseorangan : warung , cafe, kedai, restoran b. Cv/ persekutuan :
percetakan, tranportasi, penernagan berskala kecil. C. Firma : dibentuk oleh
dua orang atau lebih, hukum/ akuntan 3. Rumah tangga konsumsi peran rt konsumsi
: a. Sebagai konsumen batik solo b. Sebagai pemasok atau pemilik faktor
produksi 4. Rt pemerintah peran rt pemerintah : a. Sebagai pengatur b. Sebagai konsumen
batik solo c. Sebagai produsen batik solo 5. Rt luar negeri a.
Perdagangan b. Pertukaran tenaga kerja c. Penanaman modal d. Pinjaman e.
Bantuan b. Penugasan - soal 1. Kegiatan apa saja yang dilakukan rt konsumsi? 2.
Kegiatan apa saja yang dilakukan rt produksi? 3. Kegiatan apa saja yang
dilakukan rt pemerintah? 4. Kegiatan apa saja yang dilakukan rt luar negeri -
jawaban 1. A. Menyediakan faktor – faktor produksi b. Memperoleh imbalan dari
penyediaan faktor – faktor produksi c. Mengkonsumsi barang dan jasa. 2. A.
Menggunakan faktor – faktor produksi b. Membayar balas jasa atas penyediaan
faktor – faktor produksi c. Menghasilkan barang dan jasa 3. A. Memberi subsidi
b. Membayar balas jasa atas pemakaian faktor produksi c. Menarik pajak dan
restribusi 4. A. Membeli barang dan jasa b. Menjual barang dan jasa. C.
Penilaian no nama siswa kognitif afektif psikomotor skor total nilai 1 2 3 dst
keterangan : nilai 81 – 100 : sangat baik nilai 61 – 80 : baik nilai 41 – 60 :
cukup nilai 21 – 40 : kurang nilai 0 – 20 : sangat kurang rumusan perhitungan
nilai: jumlah score yang diperoleh nilai = x 100 jumlah score
Kata kunci :
BAGUS DI JAKARTA SALON TERBAIK DI JAKARTA CARA MENGGAMBAR
BATIK DI KERTAS NAMA-NAMA KAIN SEJARAH BATIK JEMBER SEJARAH BATIK JOMBANG BATIK
MEDAN MOTIF BATIK PADANG SEJARAH BATIK KAWUNG BATIK PAMILUTO BATIK PALEMBANG
NAMA NAMA KAIN KUMPULAN NO HP AKTIF
Subulussalam Asahan Batubara Dairi Deli Serdang Humbang
Hasundutan Karo Labuhanbatu Labuhanbatu Selatan Labuhanbatu Utara Langkat
Mandailing Natal Nias Nias Barat Nias Selatan Nias Utara Padang Lawas Padang
Lawas Utara Pakpak Bharat Samosir Serdang Bedagai Simalungun Tapanuli
Komentar
Posting Komentar